Sejarah Dan Lambang Dolar Amerika Serikat

By | May 7, 2021

Dollar.id – Seperti yang sama sama kita ketahui bahwa dollar merupakan mata uang resmi negara Amerika Serikat. Tidak sampai di situ saja dollar juga ternyata digunakan dengan sangat luas oleh penjuru dunia internasional sebagai kurs cadangan devisa di luar negara Amerika Serikat. Fakta lain tentang dollar adalah juga menjadi mata uang resmi dari negara selain AS yaitu Antigua dan Barbuda, Australia, Bahama, Barbados dan negara lainnya.

Dengan adanya sejarah dollar amerika serikat, Secara penerbitan uang dollar AS ini sendiri di kontrol oleh Federal Reserve. Dengan simbol yang digunakan adalah $ dan dengan kode ISO 4217 untuk dollar Amerika Serikat adalah USD selanjutnya dirujuk sebagai US$ oleh Dana Moneter Internasional.

 

Sejarah Dan Lambang Dolar Amerika Serikat

Kita merupakan manusia yang selalu ingin tahu tak terkecuali mengenai sejarah dan lambang dollar amerika Serikat yang saat ini menjadi komoditas perdagangan internasional.

Sejarah Dolar Amerika Serikat

Sejarah Dolar Amerika Serikat

Sejarah Dolar Amerika Serikat

Zaman dulu tepatnya pada tanggal 15 Januari 1520 telah hidup kerajaan bernama Kerajaan Bohemia. Mulai saat itulah uang koin dari bahan perak dicetak dari hasil tambang lokal Joachimsthal (bahasa Ceska Jáchymov). Sejak saat itu koin koin yang telah di buat di beri nama “Joachimsthaler,”. Jika dipergunakan secara merata menjadi singkatan thaler atau taler.

Sedangkan nama Negara Jerman “Joachimsthal” berarti secara harfiah “lembah Joachim”. Barulah dari nama ini mengalami penyesuaian dalam beberapa bahasa. Ceska tolar, Hongaria tallér, Denmark dan Norwegia (rigs) daler, Swedia (riks) daler, Islan dalur, Belanda (rijks) daalder atau daler, Etiopia ታላሪ (“talari”), Italia tallero, Polandia talar, Persia dare, begitu pula Inggris – melalui bahasa Belanda – menjadi dollar.

Tak di sangka ada koin Belanda yang bergambar singa yang sering di sebut sebagai leeuwendaler atau leeuwendaalder, memiliki arti ‘daler singa’. Belanda dengan cekatan memproduksi koin tersebut, dengan tujuan untuk mengakomidasi perdagangan internasional yang pada saat itu sedang dalam masa keemasan. Penyebaran Leeuwendaler itu dimulai dari negara Timur Tengah, Jerman dan Italia.

Dan Beberapa diantaranya koin tersebut populer di Hindia Belanda dan Koloni Belanda Baru atau yang sekarang kita sebut New York. Keunikan koin ini masuk kedalam perdagangan 13 koloni selama abad 17 – 18 dan dikenal dengan nama “Dollar Singa”. Saat ini Negara Rumania dan Bulgaria menggunakan mata uang resmi yaitu “leu/leva” ini juga yang berarti singa. Orang Inggris dan Amerika dalam mengucapkan Dollar sangat mendekati dengan pengucapan kata daler dalam bahasa Belanda tepatnya pada abad ke 17.

Lambang Dolar Amerika Serikat

Lambang Dolar Amerika Serikat

Lambang Dolar Amerika Serikat

Setelah pembahasan tentang sejarah dollar, mari kita cari tahu tentang lambang dollar mengapa bisa sampai seperti yang kita tahu saai ini. Seperti apakah lambang dollar dahulunya saat pertama kali muncul. Awal mula simbol “$” sudah banyak yang mencatat. Dari beberapa penjelasan ada satu penjelasan yang paling tepat yaitu dari U.S. Bureau of Engraving and Printing (Biro Pahatan dan Cetakan AS), mengungkapkan bahwa itu adalah hasil dari perkembangan bahasa Meksiko dan atau Spanyol “Ps” untuk peso atau piastres, atau kepingan delapan.

Disisi lain ada yang beranggapan bahwa lambang dollar adalah cabang dari angka 8. Teori seperti ini cabang dari satu pembelajaran nasha kuno yang didalamnya menjelaskan bahwa “$” menjadi mengembang dan cepat atau lambat menjadikan tulisan diatas “P”. Untuk mengembangkan ekivalen pada bagian atas seperti tanda yang ada bedanga “$”.

Pada akhirnya torehan menuruh pada tengah yang tepatnya di huruf “P” menjadi cikal bakal satu satunya tulisan dalam bentuk yang teramat penting. Dan satu lagi informasi bahwa lambang seperti ini sudah jauh digunakan sebelum diadopsi oleh Dollar AS mungkin pada tahun 1785.

Bagaimana apakan dengan adanya tulisan yang membahas tentang sejarah dollas AS sudah dapat kalian pahami? Semoga saja sudah dan ini menjadi informasi baru sebagai manusia yang hidup di zaman sekarang. Untuk mengetahui seperti apa dollar zaman dulu yang saat ini bisa menjadi acuan perdagangan internasional.

Ternyata sudah melewati perjalanan yang cukup panjang ya, sampai bisa seperti sekarang ini. Boleh dibagikan kepada yang lain siapa tahu mereka membutuhkan informasi ini. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *